Kamis, 26 Januari 2012

Membuat USB Flashdisk menjadi Write Protected


Bagi Anda yang pernah menggunakan Disket atau Floppy Disk, Anda tentu masih ingat bahwa disket ini mempunyai tombol geser kecil yang berfungsi sebagai "write protected" yang berfungsi agar data pada disket tersebut hanya bisa dibaca saja, tidak bisa dimodifikasi atau di delete.

Nah, bagi Anda yang memiliki USB dan menginginkan hal yang sama agar data-data pada USB tidak bisa di modifikasi atau di delete, Anda perlu menginstal aplikasi kecil yang bernama USB Write Protect. Sesuai namanya aplikasi ini berfungsi agar USB yang masuk ke komputer kita menjadi "write protected" sehingga USB kita tidak bisa menyimpan, memodifikasi atau mendelete file yang ada pada USB tersebut.


usb write protect

Beberapa keuntungan menggunakan aplikasi USB Write Protect diantaranya adalah:
  • agar orang lain tidak bisa mengcopy data dari komputer ke USB.
  • agar virus tidak bisa menginfeksi USB Flashdisk yang masuk
  • menjaga agar data-data pada USB tidak hilang atau terhapus apabila tanpa sengaja kita mendelete atau memodifnya.
Untuk mengaktifkan USB Write Protected ini, terlebih dahulu kita jalankan aplikasi ini, kemudian pilih "Enable Write Protect" dan klik Apply kemudianklik Close, seperti terlihat pada gambar diatas, setelah itu baru masukkan USB Flashdisk ke komputer.  Untuk mencoba apakah usb write protected ini sudah berhasil, saya mencoba mendelete file catatanteknisi.doc yang ada dalam USB Flashdisk, dan ternyata ga bisa, muncul error: The disk is write-protected.

usb write protected enable

Untuk mendisable atau menonaktifkan USB write protected, maka kita harus lepas dulu USB Flashdisk dari komputer, kemudian jalankan kembali aplikasi USB Write Protect dan pilih "Disable Write Protect", klik Apply dan Close. Masukkan kembali USB dan sekarang kita bisa kembali menyimpan dan memodif file-file pada USB Flashdisk tersebut.

Aplikasi USB Write Protect ini bersifat portable dan berukuran cukup kecil hanya 48 KB dan bisa Anda jalankan pada komputer dengan sistem operasi Windows 98, Windows 2000, Windows  XP, Windows Vista, maupun Windows 7. Bagi Anda yang tertarik dengan software USB Write Protect ini, Anda dapat mendownloadnya langsung disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar