Kamis, 26 Januari 2012

Cara Membuat Form Kontak di Blog

Setelah mengunjungi blognya Kang Rohman dan membaca salah satu topik tentang membuat form kontak dengan memanfaatkan google docs, saya pun langsung mencoba membuat form kontak dengan google docs dan hasilnya sangat bagus maka saya tertarik untuk posting juga artikel cara membuat form kontak di blog.

Bagi yang ingin membuat Form Kontak dengan google docs silahkan login ke google docs dengan akun google kemudian ikuti langkah berikut.

Perhatikan Menu Drop Down Create New yang berada di sebelah kiri kemudian Klik Create New dan perhatikan beberapa sub menu yang muncul seperti Document, Presentation, Spreadsheet, Form dan Folder kemudian pilih Form.

Setelah klik Form maka akan muncul jendela pembuatan form kontak. Untuk memilih bentuk form kontak yang telah disediakan oleh google silahkan klik Theme:Plan jika tidak maka lanjut ke langkahh berikutnya lihat gambar di bawah ini .




  

Ganti teks pada tulisan Untitled Form menjadi nama dari form yang dibuat misalnya Form Kontak
isi sedikit teks pada kotak yang bertuliskan "You can include any text or info that will help people fill this out" menjadi Silahkan menghubungi kami dengan melengkapi data anda dan klik Submit.

Question Title diisi dengan Nama
Help Text : contoh : Hendri Piran
question type :Text

Klik Add Item

Question Title diisi dengan Email
Help Text : contoh : belajarilmukomputer@gmail.com
question type :Text

Klik Add Item

Question Title diisi dengan Subjek Pesan
Help Text : contoh : Pembelian Modul Belajar Komputer
question type :Text

Klik Add Item

Question Title diisi dengan Isi Pesan
Help Text : isi pesan dengan singkat dan jelas !! 
question type : Paragraph Text

INGAT  !! beri tanda centang pada Make this a required question untuk setiap item apabila anda menghendaki item tersebut harus/wajib diisi oleh pengujung.
klik done.

tambahkan item yang lainnya sesuaikan dengan kebutuhan.

klik more action di bagian tengah atas kemudian klik Edit Confirmation
Ketik teks sebagai pesan yang muncul setelah pengunjung klik Submit misalnya : Terima kasih anda telah menghubungi kami !! kemudian klik save.

 

Klik Save

Langkah berikutnya adalah melihat hasil akhir pembuatan form kontak dengan cara klik pada teks berwarna biru yang berada di bagian bawa jendela pembuatan form kontak (lihat gambar di bawah)






Bila hasilnya sudah sesuai silahkan ikuti langkah selanjutnya dan jika belum sesuai dengan keinginan silahkan edit kembali dengan cara klik gambar pensil yang berada di sebelah kanan setiap item.

Langkah terakkhir adalah klik More Actions dan pilih embed lalu copy kode tersebut dan paste di notepad atau langsung di paste di blog anda.

Menempatkan kode Form Kontak di Blogspot.

Login ke Blogspot dengan akun anda.
Klik New Post atau Posting Baru
Klik Edit HTML
Paste kode yang diperoleh dari google docs tadi dan klik Publish Post.
Untuk hasil form yang telah dibuat silahkan klik Form Kontak dengan Google Docs 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar