Kamis, 26 Januari 2012

Cara Seting atau Install Printer Jaringan


Bila dalam artikel kemaren saya telah membahas cara berbagi printer atau sharing printer antar komputer dalam satu jaringan, maka melanjutkan artikel tentang cara seting printer ini dalam postingan berikut akan saya bahas tentang bagimana cara seting printer network.
HP Color Laserjet CP1515n
Salah satu kelemahan sharing printer biasa (misal LQ2180, seperti dalam postingan kemaren adalah bahwa komputer tempat printer tersebut terinstall harus tetap hidup, ini diperlukan agar printer tetap bisa berkomunikasi (menerima data) dari komputer lainnya. Lantas bagaimana caranya agar satu printer bisa dipake rame2 tanpa tergantung pada salah satu komputer? Solusi terbaik menurut saya adalah dengan menggunakan printer yang telah dilengkapi network card tersendiri atau biasa disebut Printer Jaringan. Printer jaringan yang akan saya jadikan contoh dalam artikel ini adalah HP Color Laserjet CP1515n.

Bagaimana cara koneksi ke printer jaringan HP Color Laserjet CP1515n?

Berikut adalah step by step yang dapat kita lakukan untuk mensetting atau instalasi driver printer jaringan tersebut di tiap-tiap komputer yang akan menggunakannya.
  1. Seting terlebih dahulu IP Address dari Printer Jaringan ini, misalnya 192.168.1.2 dengan subnet mask 255.255.255.0 (sesuai dengan subnet mask jaringan komputer kita) bisa juga kita set secara automatic apabila dalam jaringan kita terdapat DHCP Server. Untuk cara seting IP Address printer ini bisa kita lihat dibuku manual.
  2. Berikutnya adalah install driver di masing-masing komputer, buka jendela Printer and Faxes dari Start Menu atau Control Panel, klik Add Printer (pojok atas sebelah kiri), klik Next.

    Add Printer
  3. Pilih Local printer attached to this computer (pilihan automatically detect ... jangan dicentang), klik Next.
  4. Pilih Create a new port, pada type of port pilih Standard TCP/IP Port,  klik Next.
    Create a new port
  5. Isikan IP Address printer jaringan pada jendela seperti gambar dibawah, kemudian klik Next.

    Add IP Address
  6. Apabila printer terdeteksi, akan muncul jendela Install Printer Software, klik aja tombol have disk
    cari driver printer
  7. Tentukan lokasi tempat penyimpan driver printer tersebut. Klik OK
  8. Pilih  HP Color Laserjet CP1510 Series, seperti gambar dibawah,klik Next.
    driver printer hp laserjet cp1515n
  9. Lanjutkan instalasi sampai selesai, klik Finish.
Selesai sudah seting atau instalasi printer jaringan di komputer client, sekarang kita bisa nge-print dokumen secara langsung ke Printer HP Laserjet CP1515n tanpa perlu sharing printer dengan komputer lain.

Read more: http://www.catatanteknisi.com/2011/09/cara-seting-instalasi-printer-jaringan.html#ixzz1kYTj5Ed5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar